Faktor Faktor Opini Publik


Dalam buku Pendapat Umum, Hennessy mengemukakan lima faktor pendapat umum (opini publik) :
  1. Adanya isu (Presence of an issue), harus terdapat konsensus yang sesungguhnya. Opini Publik berkumpul disekitar isu.
  2. Nature of Publics, harus ada kelompok yang dikenal dan berkepentingan dengan persoalan itu.
  3. Pilihan yang sulit (Complex of preferences), mengacu pada totalitas opini para anggota masyarakat tentang suatu isu.
  4. Suatu pernyataan atau opini (Expression of Opinion), berbagai pernyataan bertumpuk sekitar isu.
  5. Jumlah orang terlibat (Number of persons involved), opini publik adalah besarnya (size) masyarakat yang menaruh perhatian terhadap isu. (Olii, 2007:20)
Untuk mencapai opini yang benar ataupun baik untuk pemecahan persoalan, tergantung sekali dari :
  1. Apakah minoritas dapat juga berbicara lain dari pada mayoritas.
  2. Informasi yang cukup dan benar dapat dipakai sebagai landasan ataupun titik tolak pembentukan pendapat.
  3. Sifat manusia untuk berpihak. (Olii, 2007:35)
George Carslake Thompson mengemukakan bahwa proses pembentukan opini publik dalam suatu publik yang menghadapi isu timbul berbagai kondisi yang berbeda-beda, yaitu :
  1. Mereka dapat setuju terhadap fakta yang ada atau merekapun boleh tidak setuju.
  2. Mereka dapat berbeda dalam perkiraan, tetapi boleh juga tidak berbeda pandangan.
  3. Perbedaan yang lain ialah bahwa mungkin mereka mempunyai sumber data yang berbeda-beda. (Olii, 2007:55)
Opini bertindak sebagai jawaban terbuka terhadap suatu persoalan/issue. Subjek dari suatu opini biasanya adalah masalah yang baru. Opini berupa reaksi pertama dimana orang mempunyai rasa ragu-ragu dengan sesuatu, yang lain dengan kebiasaan, ketidakcocokan, dan adanya perubahan penilaian. Unsur-unsur tersebut mendorong orang untuk saling mempertahankannya. Suatu isu menjadi isu sosial apabila menyebabkan orang lain akan membentuk pendapatnya dan menyatakan atau memberikan tanggapannya atas persoalan yang dibahas oleh pendapat/opini semula.

Leave a Reply